Notif Medsos OFF, Fokus dan Produktif ON

Notif Medsos OFF Fokus dan Produktif ON, cara nonaktifkan notif medsos, masbobz, masbobz.com
Source: unsplash.com

Smartphone dan Medsos. Sebuah kombinasi solid yang siap berperan menjadi senjata makan tuan. Kalau digunakan dengan tepat dan sesuai porsi akan bisa menjadi tempat mendapatkan banyak wawasan, koneksi, dan bahkan penghasilan.

Tapi sebaliknya, kalau digunakan dengan berlebihan dan hanya untuk lari dari berbagai tanggung jawab, kombinasi solid tersebut akan menelan penggunanya ke rasa 'nyaman' berkepanjangan. Nyaman yang saya maksud ini tentu dalam konotasi negatif.

Karena terlalu asyik dengan smartphone dan scrolling di berbagai medsos, kita nyaman berada dalam posisi santai, meninggalkan banyak pekerjaan, dan banyak waktu terbuang.

Saya pun termasuk salah satu yang pernah menjalankan praktek tersebut. Sampai pada suatu titik, saya merasa pekerjaan makin bertambah, waktu istirahat berkurang, yang berdampak pada kondisi tubuh jadi lebih gampang tumbang.

Saya pribadi merupakan orang yang perhatiannya cukup mudah teralihkan. Jadi seringkali di tengah pekerjaan, fokus bisa tiba-tiba buyar hanya karena layar smartphone yang menyala dan memunculkan notifikasi. Setelah saya lihat, ternyata hanya notifikasi tentang beberapa akun di medsos yang membuat post baru, diskon produk, dan notifikasi lain yang tidak terlalu urgent alias bisa dibuka kapan saja.

Ada sesuatu yang perlu dibenahi.

Setelah baca berbagai tips dan menonton video peningkatan fokus dan produktivitas, saya menemukan satu langkah simpel yang bisa berdampak pada banyak hal. Yaitu mematikan notifikasi medsos di smartphone.

Mematikan notifikasi medsos berdampak pada fokus pikiran yang tidak teralihkan saat bekerja. Yang berujung pada bisa lebih efeketif dalam bekerja dan menyelesaikannya dengan lebih cepat.

Mematikan notifikasi medsos berdampak pada waktu istirahat yang bertambah, karena pekerjaan bisa cepat terselesaikan, punya lebih banyak waktu luang, yang berujung pada kondisi tubuh saya yang lebih fit dan tidak gampang tumbang.

Mungkin langkah untuk mematikan notifikasi medsos ini kurang sesuai bagi kalian yang memang pekerjaannya menggunakan medsos. Tapi untuk kalian yang merasa punya keluhan yang sama dengan yang sudah disebutkan di atas, beberapa langkah simpel untuk mematikan notifikasi medsos di smartphone android dengan interface MIUI ini semoga bisa membantu.

Tiga Langkah Simpel Untuk Fokus Kerja

1. Buka Layar Settings/Pengaturan

Layar Settings/Pengaturan MIUI Android, settings miui, settings android, masbobz, masbobz.com
Layar Settings/Pengaturan MIUI Android


2. Buka Menu Notifications/Pemberitahuan/Notifikasi

Menu Notifications/Pemberitahuan/Notifikasi, miui notifications, android notifications, masbobz, masbobz.com
Menu Notifications/Pemberitahuan/Notifikasi


3. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Medsos yang Diinginkan

Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Medsos yang Diinginkan, disable apps notification miui, disable apps notification android, masbobz, masbobz.com
Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi Medsos yang Diinginkan


●●●


Penutup
Mematikan notifikasi medsos di smartphone entah itu saat waktu kerja saja atau secara permanen, terserah kepada kita. Karena secara alami, manusia jaman sekarang kalau punya waktu luang pasti hal paling gampang yang ingin dilakukan adalah membuka smartphone dan berbagai medsos di dalamnya.

Dengan alasan itu, coba beri waktu sejenak untuk hal lain yang perlu mendapat perhatian kita, dengan cara mematikan sementara berbagai macam notifikasi medsos. Karena notifikasi itu sesungguhnya tidak akan kemana-mana, dan kita bisa membukanya kapan saja.


⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼



Comments