Beda Jenis Musik, Beda Jenis Pekerjaan

Beda Jenis Musik, Beda Jenis Pekerjaan, rekomendasi musik, rekomendasi musik produktif, rekomendasi musik kerja, rekomendasi lagu kerja.
Beda Jenis Musik, Beda Jenis Pekerjaan - masbobz.com


Bagi yang sering menonton film maupun anime, ketika terjadi perubahan adegan pada film/anime tersebut, maka akan terjadi perubahan juga pada background music yang mengiringi adegannya. Menyesuaikan.

Jika sedang berada di adegan yang emosional dan penuh dengan air mata, maka musik yang mengiringi adalah jenis musik berirama lambat yang menyayat hati. Jika sedang berada di adegan yang intens dan penuh aksi, maka musik yang mengiringi adalah musik yang berirama cepat, penuh semangat atau bahkan tidak jarang diputarkan lagu dari salah satu grup musik tertentu yang sesuai dengan adegannya.

Beda jenis musik, beda pula jenis momennya.

Hal ini pun tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Di tempat makan misalnya, mau di tempat yang sederhana atau mewah sekalipun, biasanya akan selalu ada lagu yang diputar. Bedanya, jika di tempat sederhana lagu yang diputar adalah lagu yang relatif acak tergantung si pemilik suka dengan lagu apa.

Sedangkan di tempat yang agak mewah seperti kafe atau tempat makan bertema tradisional (rumah makan Sunda, rumah makan Jawa, dll), biasanya lagu atau musik yang diputar pun akan sesuai dengan tema tempat makannya. Lagu-lagu slow untuk kafe, lagu-lagu tradisional Sunda/Jawa untuk rumah makan Sunda/Jawa.

Contoh lainnya ada di tempat kerja.

Di kantor, atau dimanapun tempat kita bekerja, untuk membantu fokus menyelesaikan pekerjaan, musik adalah salah satu cara yang kita pilih. Jika tidak ada larangan untuk memutar musik melalui speaker, maka memutar lagu-lagu favorit dengan keras bisa jadi solusi.

Tapi, jika di tempat kerja ada larangan untuk tidak boleh menyalakan speaker selama bekerja, atau justru kita lebih nyaman dan bisa lebih fokus ketika mendengarkan musik sendirian, maka silahkan pasang headset, putar lagu favorit, dan mulai beraksi.

Saya termasuk orang yang lebih suka mendengarkan musik sendiri di tempat kerja.

Awalnya saya coba untuk berbagai jenis pekerjaan, baik itu yang membutuhkan fokus lebih atau pekerjaan yang repetitif, saya putar lagu yang serupa, yaitu lagu dari grup musik favorit. Ternyata hasil akhirnya tidak sesuai ekspektasi.

Bukannya jadi semakin fokus dan bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, justru yang terjadi adalah selama bekerja saya ikut menyanyikan lagu yang terdengar di headset, dan pekerjaan yang harusnya butuh fokus lebih, jadi tertunda-tunda penyelesaiannya karena dikalahkan keinginan untuk menyanyi.

Akhirnya saya coba ubah sedikit metodenya. Coba meniru apa yang dilakukan oleh film maupun anime, saya tidak melulu memutar lagu dari grup musik, tapi juga memutar background music yang bisa membangkitkan semangat untuk bekerja.

Saya coba bagikan saja berbagai jenis musik yang saya pilih dalam jenis pekerjaan yang berbeda:


1. Upbeat Background Music untuk Pekerjaan yang Butuh Fokus
Ini baru coba saya terapkan sekitar 2-3 minggu terakhir. Berkaca pada kurang efektinya memutar lagu dari grup musik, saya coba ganti dengan background music berirama upbeat untuk jenis pekerjaan yang butuh fokus. Pekerjaan yang butuh fokus ini adalah pekerjaan yang lebih memerlukan problem solving skills untuk bisa menyelesaikannya.

Idenya supaya saya bisa lebih fokus dan semangat ketika bekerja, seperti para karakter di film atau anime saat mereka sedang berusaha mengalahkan lawannya. Ternyata sejauh ini cukup berhasil.

Karena background music tidak memiliki lirik lagu, saya tidak punya kesempatan untuk melantunkan apapun dari musik yang saya dengarkan. Efeknya adalah saya jadi bisa mengalokasikan waktu ke pekerjaan lebih banyak dan otak tetap terasa terpacu dengan musik yang dimainkan.

Ini adalah upbeat background music yang saya pakai selama beberapa minggu terakhir yang ingin saya rekomendasikan:





Dan ada satu lagi, playlist yang saya buat sendiri, hasil kompilasi dari background music di anime Naruto. Suara yang dihasilkan dari alat musik Jepang berhasil buat saya kagum.

Naruto Theme Song



2. Lagu dari Grup Musik Favorit untuk Pekerjaan Repetitif
Setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan utama yang membutuhkan fokus lebih, biasanya saya masih perlu melakukan beberapa pekerjaan yang sifatnya repetitif untuk bisa melengkapi hasil akhir dari pekerjaan utama yang dikerjakan sebelumnya. Pekerjaan repetitif ini adalah pekerjaan yang sudah memiliki pola, dan selama pola tersebut diikuti maka pekerjaan akan rampung. Nah di saat inilah saya bisa mengganti musik yang saya putar menjadi lagu-lagu dari grup musik andalan saya.

Pilihan saya biasanya akan jatuh pada lagu dari grup musik berikut:


Peterpan/NOAH





Coldplay




The Cranberries




Atau yang akhir-akhir ini sedang sering saya putar, L'Arc-en-Ciel




●●●

Beda jenis pekerjaan, berdasarkan pengalaman saya, ternyata perlu beda jenis musik juga untuk bisa membantu kita menyelesaikannya.

Kalau kamu sudah punya pilihan musikmu sendiri untuk bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan, boleh coba dibagikan di kolom komentar, siapa tau saya juga cocok dengan pilihan musiknya.

Kalau belum punya, boleh dicoba rekomendasi musik yang saya berikan di atas.


⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼


Comments

  1. Wah lagu-lagu yg disarankan semuanya kesukaan ane Gan. Memang benar musik seringkali membawa kita fokus terhadap pekerjaan yg sedang kita kerjakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, pilihan musik tepat bisa buat pekerjaan selesai cepat.

      Delete

Post a Comment