Paksa Diri tetap Kreatif dan Segera Eksekusi Ide

eksekusi ide, tetap kreatif, creativity, keep creative, idea execution
Sumber dari unsplash.com


Sudah berulang kali saya membaca buku "Sila Ke 6: Kreatif Sampai Mati" dari Mas Wahyu Aditya, seorang animator asal Indonesia dan pendiri Hello Motion Academy. Dan ada beberapa hal dari isi buku sakti tersebut yang saya terapkan dan hasilnya luar biasa positif:

  • Paksa diri kita untuk tetap bisa kreatif dengan berbagai cara, jangan menunggu inspirasi datang baru berkarya
  • Segera lah eksekusi ide yang datang, karena ketika kita menundanya, maka besar kemungkinan, ide itu tak akan pernah kita eksekusi pada akhirnya.

Dua hal tersebut setelah saya terapkan, hasilnya adalah terciptanya akun portofolio desain saya di Dribbble dan yang paling terbaru adalah blog ini sendiri.

Akun Dribbble saya tercipta karena saat itu keinginan untuk belajar lebih jauh tentang UI/UX Design sekaligus penerapannya secara langsung sedang sangat mendidih. Mulai lah mencari referensi sana sini bagaimana untuk memulainya, dan setelah saya rasa cukup referensi yang dibutuhkan, langsung saya berniat untuk segera membuat desain pertama.

Bingung karena mau memulai membuat desain tentang apa, iseng lah saya membuka Google dan mengetikkan kata kunci yang saya lupa persisnya apa, tapi kurang lebih kata kuncinya adalah "design challenge", "client generator". Intinya, saya memaksa diri sendiri untuk tidak berdiam diri saja demi bisa mulai membuat desain dengan cara tersebut, yang tujuannya adalah agar bisa mendapatkan sebuah brief berisi sebuah proyek desain.

Setelah beberapa saat mencari, saya berhasil menemukan sebuah website yang bernama Daily UI. Website ini memiliki fitur untuk mengirimkan email setiap harinya kepada kita setelah melakukan subscription dengan memasukkan alamat email ke dalam website. Isi dari email tersebut adalah brief tentang proyek desain yang bervariasi tiap harinya selama 100 hari.

Bagi saya pribadi, setelah mengikuti tantangan dari Daily UI yang saya rasakan adalah sangat terpacu untuk bisa menyelesaikan desain di setiap harinya sesuai dengan email yang dikirimkan. Tantangan yang diberikan tiap hari secara tidak langsung juga mempengaruhi saya untuk bisa lebih memaksimalkan waktu yang ada sebelum tantangan selanjutnya dikirimkan.

Tidak terasa hampir sebulan lebih saya mengikuti tantangan dari Daily UI, jumlah desain yang saya unggah di Dribbble sudah cukup banyak. Mungkin hal ini juga yang akhirnya berdampak baik terhadap pekerjaan freelance saya yang berujung dengan sebuah deal dari salah satu klien di akun Fiverr, yang pernah saya ceritakan sebelumnya di post ini : Akrabnya Portofolio Desain dan Kesempatan.

---------------------------------------------------------------------------

Cerita lain dari penerapan buku "Sila Ke 6: Kreatif Sampai Mati" yang saya singgung di atas adalah terciptanya blog ini.

Blog ini awalnya lahir dari kebiasaan saya membaca buku yang secara ajaib muncul lagi setelah sekian lama. Merasa momentum dalam diri benar-benar tepat untuk melakukan banyak hal positif, terpikirlah ide untuk kembali aktif menulis juga di blog, atau istilah kerennya nge-blog.

Setelah melihat beberapa referensi tampilan yang saya kira cocok untuk diterapkan ke blog, konsep tampilan yang terpilih untuk blog ini adalah minimalis, berfokus pada konten. Dan setelahnya blog ini secara resmi beroperasi.

Itulah cerita pribadi saya tentang efek positif dari tetap "memaksa" diri berpikir kreatif tanpa menunggu inspirasi datang, yang dikombinasikan dengan proses eksekusi ide sesegera mungkin.

Saya yakin hal tersebut bisa diterapkan di banyak bidang pekerjaan dengan cara yang disesuaikan, tidak terbatas pada bidang pekerjaan desain saja. 

Comments