Transfer Paypal ke Jenius, Tidak Repot Diurus


Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Transfer Paypal ke Jenius, Tidak Repot Diurus - masbobz.com

Sudah percaya diri dengan kemampuan yang kita punya untuk kerja freelance. Sudah juga berhasil dapat klien langganan yang tertib ketika jatah transfer proyekan datang. Transferannya dolar pula yang kita simpan di Paypal.

Kalau sudah lancar semuanya seperti itu, sebagai bumbu penyedap atas pencapaian kerja freelance yang kita lakukan, adalah dengan mencairkan saldo Paypal ke rekening bank lokal. Apalagi pencairannya ke rekening Jenius, yang memang sudah didesain untuk bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan transaksi digital, termasuk penarikan uang dari Paypal.

Belum lama ini, saya coba withdraw atau tarik uang dolar yang saya punya di Paypal ke rekening Jenius, hasil dari proyek freelance dengan klien yang saya dapat lewat Fiverr atau kontak email.

Prosesnya jauh sekali dari kata sulit, alias gampang. Hanya beberapa klik tombol yang diperlukan, saya tunggu beberapa hari sambil menjalankan aktivitas normal, dan uang transferan dari Paypal ke rekening Jenius sukses saya dapatkan.

Langsung saja dibaca tutorial transfer uang dari Paypal ke Jenius berikut ini ya untuk kamu yang masih ragu melakukannya:


1. Login ke Dashboard Paypal

Login ke Dashboard Paypal, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Login ke Dashboard Paypal - masbobz.com

Pertama, tentu perlu login dulu ke akun Paypal, dan masuk ke halaman Dashboard/Summary. Setelahnya, klik menu "Withdraw funds" untuk memulai proses penarikan uang.


2. Pilih Rekening Asal dan Tujuan

Pilih Rekening Asal dan Tujuan, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Pilih Rekening Asal dan Tujuan - masbobz.com

Selanjutnya akan muncul form yang meminta kita untuk memilih rekening asal/from (Paypal), dan rekening tujuan/to (Jenius).

Khusus untuk rekening tujuan, karena saya mendaftarkan rekening BTPN Jenius dan juga e-Card, maka akan muncul dua pilihan pada form rekening tujuan seperti di bawah ini.

Pilihan rekening tujuan Jenius (Rekening utama & e-Card VISA), Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Pilihan rekening tujuan Jenius (Rekening utama & e-Card VISA) - masbobz.com

Karena punya biaya admin yang lebih rendah, dan waktu pengiriman uang yang lebih cepat, secara logis saya lebih memilih rekening utama (BTPN Checking) sebagai rekening tujuan.


3. Isi Nominal Transfer

Isi Nominal Transfer, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Isi Nominal Transfer - masbobz.com

Selesai memilih rekening asal dan tujuan, selanjutnya isi nominal uang yang akan dikirimkan. Dan kalau sudah, klik tombol "Continue" untuk masuk ke halaman konfirmasi.


4. Konfirmasi Transfer

Konfirmasi Transfer, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Konfirmasi Transfer - masbobz.com

Cek semua data yang ditampilkan pada halaman konfirmasi ini. Apakah data rekening asal dan tujuan sudah sesuai? Apakah nominal uang yang akan dikirimkan juga sudah sesuai?

Di halaman konfirmasi juga ditampilkan perkiraan berapa lama waktu pengiriman sampai uang bisa diterima di rekening Jenius. Dan ada yang cukup membuat bahagia karena tidak ada biaya admin, jadi uang yang diterima bisa utuh. 

Cukup aneh, karena sebelumnya saya kena biaya admin sekitar 16 ribu rupiah. Mungkin karena nominal penarikan kali ini lebih besar jadi biaya admin tidak diberikan. Mungkin saja.

Kalau semua data sudah sesuai, langsung klik tombol "Transfer" untuk menyelesaikan proses transfer saldo Paypal ke rekening Jenius.


5. Transfer Sedang Diproses

Transfer Sedang Diproses, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Transfer Sedang Diproses - masbobz.com

Nah kalau sudah klik tombol "Transfer" di tahap sebelumnya, akan muncul halaman yang memberitahukan kalau proses transfer sukses. Selanjutnya akan dikirimkan email pemberitahuan kalau saat ini Paypal sedang mengirimkan uang ke rekening BTPN Jenius.

Email pemberitahuan proses pengiriman uang dari Paypal, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Email pemberitahuan proses pengiriman uang dari Paypal - masbobz.com

Kalau sudah menerima email tersebut, selanjutnya tinggal menunggu sampai uang masuk di rekening.


6. Cek Saldo Paypal dan Daftar Transaksi

Cek Saldo Paypal dan Daftar Transaksi, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Cek Saldo Paypal dan Daftar Transaksi - masbobz.com

Untuk memastikan, jangan lupa cek lagi saldo Paypal (Balance) dan daftar transaksi terakhir (Recent activity) setelah melakukan transfer. Kalau saldo sudah berkurang, dan data transfer terakhir sudah muncul, maka semua berjalan lancar.


7. Sukses, Uang Masuk ke Rekening Jenius

Sukses, Uang Masuk ke Rekening Jenius, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Sukses, Uang Masuk ke Rekening Jenius - masbobz.com

Sesuai perkiraan, setelah 2-4 hari akhirnya uang yang di-transfer dari Paypal berhasil masuk ke rekening Jenius. Untuk memastikannya cukup cek saja layar dashboard dari aplikasi Jenius, lalu scroll ke bawah, bagian "In & Out". 

Kalau ada transaksi uang masuk dengan keterangan seperti pada gambar di atas (kotak merah), berarti uang sukses kita terima. Cek juga total saldo terkini dari rekening Jenius yang kita punya, kalau sudah bertambah, proses penarikan uang dari Paypal ke Jenius selesai sudah.



Tips Desain dan Freelance Masbobz, tutorial desain bahasa indonesia, belajar desain gratis



●●●

Penutup
Jauh sekali dari kata rumit kan proses penarikan atau transfer saldo Paypal ke rekening Jenius?

Mudah-mudahan tutorial singkat transfer dari Paypal ke Jenius dari saya ini bisa membantu teman-teman sekalian yang sedang menjalankan usahanya, untuk menikmati hasil jerih payahnya.

⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼



Comments

  1. Selamat pagi masbobz.
    Apa mungkin dana yang kita tarik dari paypal ke rekening jenius cair di hari yang sama saat kita melakukan pengajuan penarikan ?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi Sutan.

      Sejauh ini, rekor tercepat saya bisa terima dana dari paypal ke jenius dalam waktu 1 hari. Kebetulan belum pernah mengalami dana bisa langsung masuk ke rekening jenius kita di hari yang sama.

      Delete
  2. Kalau sebaliknya untuk top up paypal bisa juga kan dari Jenius ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa juga. Karena waktu aktivasi paypal pakai jenius, saya isi saldo paypal dulu lewat jenius dan bisa

      Delete
  3. masbobz, apakah ini berlaku juga untuk jenius yang blm verified? saya punya jenius tapi verifikasi blm disetujui oleh jenius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bayusamudra. Untuk amannya sih sebaiknya nunggu diverifikasi sama jenius aja. Karena yang saya tulis di artikel ini akun saya dalam kondisi ter-verifikasi.

      Delete
    2. Halo masbobz mau nanya, pas kita udah berhasil menghubungkan akun jenius kan udah Status: Confirmed Type: Checking. Kan ada tu di nomor yang ****-digit terakhir, digit terakhirnya memang digit kartu m-Card nya ya mas? Bukan digit rek.jenius yg muncul? Mohon pencerahannya mas ! Terimakasih

      Delete
    3. Halo, ini sepengalaman saya ya. Digit terakhir itu tergantung kartu jenius apa yang kita hubungkan ke paypal. Kalau yg dihubungkan adalah e-card, ya harusnya digit terakhir itu adalah digit terakhir e-card jenius kita. Kalau saya pake e-card untuk dihubungkan ke jenius.

      Tinggal dicocokkan aja dengan informasi nomor/digit-nya dengan yang ada di aplikasi jenius kita supaya lebih yakin.

      Semoga menjawab ya

      Delete
    4. Oh berarti karena saya menghubung kan rekening jenius saya ke Paypal jadinya digit akhirnya yg muncul itu m-card debit saya ya mas, karena rekening jenius terhubung ke m-card ?

      Delete
    5. Saya mungkin waktu daftar mungkin milih Business account bukan personal account. Jadi setiap mau nerima uang pasti kena hold dan harus minta yang ngirim untuk confirm purchase atau Shipping gitu. Kalau saya ganti tipe akun saya ke personal apakah saldo nya akan hilang mas ?

      Delete
    6. kira-kira seperti itu gan, karena default-nya akun jenius itu kita akan punya m-card. Kalo e-card itu opsional, kita bisa buat bisa juga tidak.

      kalau soal ganti dari business ke personal akan mempengaruhi saldo atau tidak, saat ini saya belum tahu gan karena belum pernah nyoba juga. mungkin akan lebih baik kalau ditanyakan langsung ke customer service dari pihak paypal.

      Delete
    7. Oke dah gan terimakasih atas penjelasannya. 🙏🏻

      Delete
    8. Conversion rates nya memang kecil ya gan dari Paypal nya. Jadi merasa rugi kalau mau tarik saldo

      Delete
    9. Betul gan, memang lebih kecil conversion rates nya. Biasanya pada dijual gitu saldo paypal nya, dibeli pake rupiah sesuai nilai tukar.

      Delete
    10. mas, itu berarti kalo masuk jenius auto dirupiahkan ya? meskipun, jenius saya searching2, juga bisa buat tabungan mata uang asing?

      Delete
    11. betul mbak. untuk tutorial yg saya tuliskan di artikel ini kayak gitu, jadi kalo saldo paypal ditarik ke rekening jenius yg bermata uang rupiah, maka otomatis jadi rupiah setelah ditarik.

      untuk tabungan mata uang asing juga betul, sekarang jenius sudah bisa. tapi saya pribadi belum menggunakannya.

      Delete
  4. Tolong dong bang penjelasan nya, saya udah liat di Paypal Transfer to Bank completed (Bank BTPN). Transfernya udah selesai kok ga ada masuk ya bang uangnya?? Jadi khawatir saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal saya udah hubungkan Rekening Jenius BTPN ke Paypal dan udah status confirmed, type checking

      Delete
    2. Halo Salman. Untuk proses transfer dari paypal sampai bisa masuk ke saldo jenius, memang perlu waktu beberapa hari sesuai keterangan di Paypal untuk tiap pilihan rekening yang dituju.

      Selain cek status di paypal, coba cek juga daftar transaksi di aplikasi jenius. Uang akan masuk ke saldo yang dipilih saat transfer di paypal. Kalau pilih rekening bank, uang akan masuk ke saldo utama/aktif. Kalau pilih e-card, maka uang akan masuk ke saldo e-card.

      Kalau sekiranya uang masih belum masuk ke saldo jenius yang dituju padahal sudah melewati batas waktu, coba hubungi langsung customer service Jenius supaya bisa segera diurus.

      Semoga menjawab ya.

      Delete
  5. Hi mas, pernah trf PayPal ke jenius menggunakan dollar (tidak di exchange ke rupiah) ke rekening dollar jenius tidak?

    ReplyDelete
  6. Halo mau nanya, kalau misal saldo dari paypal di withdraw ke kartu debit Jenius (bukan rekening) bisa gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Untuk penarikan saldo paypal ke kartu debit jenius, kebetulan saya belum pernah coba langsung. Tapi setau saya, selama rekening atau kartu jenius (kalo saya pake e-card) sudah terhubung dengan Paypal, harusnya tidak ada masalah untuk proses penarikannya.

      Delete
  7. Mas mau ijin tanya juga. Sy sudah withdraw paypal ke jenius e-card sy, tulisannya di paypal sudah complete tp kok saldonya belum masuk di jenius sy ya mas? Sudah 2 hari sejak transfer complete itu mas
    Kira2 kenapa ya? Apa ada solusinya?

    Terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kalo di tutorial yang saya tuliskan di sini, memang perkiraan untuk saldo paypal bisa masuk ke jenius akan memakan waktu beberapa hari. Kalo saya kemarin, perkiraan dari paypal-nya perlu waktu 2-4 hari sampai saldo paypal bisa masuk ke jenius.

      mungkin bisa ditunggu dulu sampai batas waktu perkiraan maksimal, sesuai yang diberitahukan paypal. Kalau misal sudah melewati batas waktu, bisa coba hubungi Customer service dari pihak paypal maupun jenius supaya bisa dibantu lebih lanjut.

      Delete
  8. Hi ka! Mau tanya, waktu kita withdraw dari usd ke idr. Ada feenya gak sih ka? Kalo ada, kena berapa ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, bisa dibaca lagi ya di tulisan saya di atas. Untuk withdraw dari usd ke idr akan kena fee, dan nominal fee yg saya dapat waktu itu Rp. 16.000, tapi di proses withdraw lainnya dengan nominal yg lebih besar, fee nya gratis.

      Mekanisme pastinya seperti apa saya belum tahu kenapa bisa berbeda seperti itu nominal fee nya. Semoga menjawab ya

      Delete
  9. Halo mas, jadi tadi saya mau cairin duit ke tabungannya ya kan, baru tau ternyata nomor banknya itu yang ada di nomor akun Jenius, tapi saya malah masukin nomor yang di kartu. Posisinya saya sudah terlanjur mengklik pencairan dana, itu kira-kira uangnya bakal balik atau tidak ya? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas. Ini coba saya simpulkan ya.

      Kalau misal nomor di kartu yg mas maksud itu nomor di kartu fisik, yg beda dari nomor akun, kemungkinan dari sistem akan menolak proses penarikan, karena nomor tidak sesuai. Untuk uangnya pun harusnya bisa dikembalikan, dan silahkan ditanyakan ke pihak paypal maupun jenius kalau sampai uangnya blum kembali secara otomatis.

      Kalau misal nomor di kartu yg mas maksud itu nomor e-card, maka uang yg mas tarik harusnya bisa masuk ke saldo e-card, selama e-card tersebut sudah terdaftar dan tersambung di akun paypal.

      Semoga cukup menjawab ya mas.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Mas bro mau tanya? apa harus e card yang di link ke paypal, soalnya saya link mcard dan gagal.. dana saya di refound lagi ke paypal. dapet email dari paypal invalid bank account

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas. sejauh ini yg pernah saya link ke paypal itu rekening utama, dan e-card. dua2nya berhasil. kalo m-card blum pernah coba. dan banyak yg merekomendasikan memang, utk paypal, sebaiknya pake e-card saja

      Delete
  12. Mas bro saya kan withdraw paypal ke jenius di hari sabtu malam.. Sampai sekarang belum cair ya.. Apa nunggu sampai 4 hari??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditunggu sampai batas maksimal lama pencairan dulu, gan. Kalo ternyata setelah lawat batas maksimal blum cair juga, coba dihubungi pihak paypal dan jenius untuk lebih jelasnya.

      Delete
  13. Hall masbobz saya mengalami baru kali ini saya mengalami kendala saat transfer dari paypal ke jenius, sudah lebih dari 7 hari kerja, uang dari paypal ke jenius belum masuk jga, padahal status di paypalnya sudah selesai, biasanya 2 hari sudah masuk..
    Setelah menghubungi cs jenius jga, udh 3 harian msh blum cair jga..

    Apa masbobz pernah mengalami kendala seperti itu jga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rizi Alvaro. Kebetulan saya blum pernah mengalami masalah seperti itu. Kalo kata CS Jenius gimana tuh? Apakah memang ada kendala atau seperti apa?

      Delete
  14. Halo, aku mau tanya kalau di paypalnya sudah muncul "payment success to pt btpn" itu nunggunya berapa lama? Ada kemungkinan bisa sampai 1 hari gaa? Misal saya cek jam 10 pagi hari rabu sudah ada bacaan sukses payment tp di jenius blm ada saldonya. Itu ada kemungkinan saldonya besok pagi muncul atau tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, jawaban dari saya berdasarkan pengalaman mencairkan saldo saat itu ya. Kalau yg digunakan untuk menerima saldo paypal adalah rekening utama jenius, maka akan perlu waktu sekitar 2-4 hari. Tapi kalau yg digunakan adalah e-card, maka prosesnya akan makan waktu maksimal 7 hari.

      Jadi ditunggu saja ya. Semoga menjawab

      Delete
  15. Untuk menghubungkan rekening Jenius di PayPal, apakah harus memasukkan kode bank di depan rekening bank atau langsung rekening bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Betul ada kode bank yg perlu dimasukkan untuk menghubungkan rekening jenius ke paypal. Selengkapnya bisa baca di website Jenius langsung ya https://www.jenius.com/highlight/detail/menghubungkan-akun-jenius-dengan-paypal

      Delete
  16. Masbozz biaya admin withdraw paypal dan payoneer lebih murah mana masbozz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. untuk perbandingan biaya admin antara paypal dan payoneer saya belum bisa memberikan jawaban, karena sejauh ini saya baru pernah coba withdraw dari paypal saja.

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Kak mau tanya rekening utama itu yg di profil jenius kita kan yg di account no itu? Takutnya salah gitu. Terus juga kalo nama di paypal ama nama di jenius beda gimana? Soalnya aku ngga punya nama belakang 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, betul, utk rekening utama itu sama dengan account no yg ada di profil jenius. dan soal nama di paypal dan jenius, usahakan tetep pakai nama yg sama saja utk menghindari kendala yg mungkin terjadi nantinya.

      Delete
  19. Mau nanya Masbos, ini kalo status rekening paypalnya velum verified apa bisa dibuat penarikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dimas, sebaiknya jangan ambil resiko kalo kondisinya seperti itu

      Delete
  20. halo. mau tanya, rate used ke idr kalau tarik uang ke local bank (contoh jenius) itu rate nya lebih rendah nya seberapa ya? dan bisa di check dimana? thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka mau tanya, kalau withdraw dari paypal ke e-card jenius bisa? Fee nya berapa n berapa lama ya?
      Apa kk pernah withdraw ke e-card juga?
      Krn sy takut kl memghubungkan rek.utama ke paypal..

      Delete
    2. Ka mau tanya, kalau withdraw dari paypal ke e-card jenius bisa? Fee nya berapa n berapa lama ya?
      Apa kk pernah withdraw ke e-card juga?
      Krn sy takut kl memghubungkan rek.utama ke paypal..

      Delete
    3. @unknown: untuk rate USD ke IDR ketika ditarik ke jenius itu bakal ketahuan pas proses penarikan. Di tulisan ini saya jelaskan soal itu di poin nomor 4. Di situ tertera rate paypal untuk USD ke IDR.

      @Sella: Bisa kok kalau mau withdraw dari paypal ke e-card jenius. Tapi kebetulan saya blum pernah pake e-card utk withdraw, karena proses pencairannya yg cukup lama dan biaya admin yg lumayan. Di bulan februari 2020 waktu itu, kalo mau withdraw paypal ke e-card jenius akan memakan waktu kira2 7 hari, dengan biaya admin 16rb.

      Delete
  21. Nama di bank BTPN sama di Paypal bisa beda gak ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih amannya, sebaiknya dibikin sama aja mas

      Delete
  22. Saya tiap bulan withdraw Paypal ke Jenius kena fee 46rb saldo lgsg masuk secara instan. Baca2 di sini biaya adminnya 16rb doang. Huhu sedih deh. Eman2 sbnrnya, teman saya dg bank lain juga bilangnya cm kena potongan 16rb untuk penarikan di bawah 1,5juta, di atas 1,5 juta gratis biaya admin. Apa yg salah dengan Paypal dan Jenius saya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boleh tau, withdraw ke jenius pake rekening utama atau yg e-card mbak? kalau lewat e-card sepertinya memang akan kena biaya admin lebih mahal

      Delete
  23. Masbobz, apakah akun Paypal jika sudah terhubung dengan kartu Jenius e-card, otomatis juga terhubung dengan rekening BTPN nya, Jadi tidak perlu lagi isi icon Tambahkan Bank di Paypal, cukup yang terisi melalui icon Tambahkan Kartu. Dan otomatis jika menerima pembayaran dari PayPal otomatis masuk ke rekening Bank BTPN nya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, setau saya, di paypal antara rekening utama jenius dan e-card jenius diperlakukan secara terpisah. jadi kalo yg terhubung di paypal baru e-card jenius saja, itu berarti yg rekening utama jenius belum terhubung ke paypal.

      jadi misalkan nanti, dengan kondisi hanya e-card yg terhubung dan dilakukan proses penarikan, maka saldo yg ditarik dari paypal akan masuk ke saldo e-card, bukan ke rekening utama jenius.

      Semoga terjawab ya pertanyaannya

      Delete
  24. Gan. Untuk kodebank BTPN pas masukin ke paypal diisi cukup 213 saja atau ada tambahan kang?

    ReplyDelete
  25. Om bobz, ane pernah nyoba narik dari paypal, dari paypalnya 3 hari bisa lepas, di jeniusnya setelah 4 hari gagal, trus saldonya balik lagi ke paypal. Pernah ngalamin yang seperti ini jg kah?

    ReplyDelete

Post a Comment