Hal yang Diperlukan untuk Kerja Freelance

kerja freelance, masbobz, masbobz.com, kerja freelance adalah, kerja freelance di rumah, kerja freelance online, kerja freelance itu apa
masbobz.com | Hal yang Diperlukan untuk Kerja Freelance


Tidak asing dengan istilah Kerja Freelance?

Kerja Freelance adalah tipe pekerjaan yang pekerjanya tidak perlu terikat dengan segala formalitas khas perkantoran, karena pekerjaan ini hanya berlangsung selama kurun waktu tertentu saja dengan klien/perusahaan, dan bisa dikerjakan dari mana pun.

Singkatnya, kerja freelance adalah kerja yang bisa kita tentukan sendiri cara melakukannya.

Terdengar menarik?

Ya, jika kita lihat dari kebebasan untuk bisa menentukan bagaimana dan darimana kita bekerja.

Tapi jangan salah, karena tidak terikat secara formal dengan klien/perusahaan yang memberikan pekerjaan, kerja freelance memiliki banyak tantangan yang harus kita hadapi sendiri, seperti: pemasukan yang naik turun, kendala miskomunikasi, durasi kerja yang berubah-ubah, dan masih banyak lagi tergantung kondisi pekerjaannya.

Dibalik semua hal menarik dan tantangannya, kerja freelance merupakan salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan jika kita bisa menemukan jasa/produk yang banyak diminati.

Saya sudah merasakan sendiri suka duka kerja freelance dalam 2-3 tahun terakhir. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi mengenai apa saja yang diperlukan untuk kerja freelance untuk bisa menghasilkan uang darinya, berdasarkan pengalaman yang saya punya.


● ● ●

1. Miliki Portfolio

Miliki Portfolio, masbobz.com
Miliki Portfolio - masbobz.com (sumber dari unsplash.com)

Portfolio adalah kumpulan pekerjaan yang sudah pernah dilakukan dan didokumentasikan, bisa dalam bentuk dokumen tertulis, maupun dokumen digital (gambar, video, audio, dll).

Memiliki portfolio sangatlah penting bagi seorang freelancer (orang yang melakukan kerja freelance). Dengan memiliki portfolio, kita bisa meyakinkan klien yang akan menggunakan jasa/produk kita, karena apa yang kita tawarkan sudah teruji dan terbukti.

Di awal ketika belum memiliki portfolio sama sekali, kita bisa sedikit mengakalinya dengan menciptakan klien imajiner beserta keinginannya, dan membuat apa yang dia inginkan. Hal ini lumrah dilakukan, karena yang terpenting adalah kita bisa menunjukkan keahlian kita dalam portfolio yang kita dokumentasikan.

Berikut saya coba sertakan contoh portfolio desain yang saya miliki sebagai referensi:
https://dribbble.com/masbobz

Link Artikel :
https://www.masbobz.com/2019/07/portofolio-desain-agar-siap-freelance.html


2. Rekening Paypal

Rekening Paypal, masbobz.com
Rekening Paypal - masbobz.com (sumber dari unsplash.com)

Rekening Paypal sangat diperlukan ketika kita memasarkan jasa/produk ke pasar internasional. Pasar dan klien internasional tentunya tidak akan menggunakan rekening bank lokal di Indonesia untuk melakukan transaksi bisnisnya. Karena itu, bukalah rekening paypal karena pasar dan klien luar sangat familiar menggunakan rekening paypal dalam transaksi bisnisnya.

Jangan sampai ada calon klien yang tertarik menggunakan jasa kita setelah melihat portfolio yang kita punya, deal tidak terjadi karena kita belum menyiapkan metode pembayaran yang cocok dengan mereka.

Link Artikel :
https://www.masbobz.com/2019/07/sambungkan-paypal-dan-jenius-untuk-terima-dolar.html


3. Kemampuan Berbahasa Inggris

Kemampuan Berbahasa Inggris, masbobz.com
Kemampuan Berbahasa Inggris - masbobz.com (sumber dari unsplash.com)

Kemampuan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, entah itu melalui tulisan atau berbicara langsung, adalah suatu keharusan jika berniat untuk memasarkan jasa/produk kita di pasar internasional.

Banyak cara yang bisa kita pilih untuk mengasah kemapuan berbahasa inggris. Saya pribadi lebih senang belajar bahasa inggris melalui metode menonton film atau mendengarkan lagu favorit. Untuk belajar melalui film, biasanya saya tonton dulu filmnya dengan subtitle bahasa Indonesia, lalu setelah paham alur filmnya, setelahnya saya akan tonton lagi dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris sambil mulai mendengarkan secara seksama cara para karakter film mengucapkan tiap kata.

Intinya coba temukan cara yang kira-kira sesuai dengan kita, dan membuat kita tidak merasa terbebani selama prosesnya. Kebutuhan hiburan dan kemampuan berbahasa inggris bisa kita dapatkan sekaligus. Mantap 👍

Link artikel :
https://www.masbobz.com/2019/07/tetap-asik-sekaligus-belajar-ngobrol-inggris.html


4. Pilih Platform Freelance yang Sesuai Kebutuhan

Pilih Platform Freelance yang sesuai kebutuhan, masbobz.com
Pilih Platform Freelance yang sesuai kebutuhan - masbobz.com (sumber dari unsplash.com)

Setelah mengetahui apa yang akan kita tawarkan, apakah itu dalam bentuk produk maupun jasa, tahap selanjutnya dalam perjalanan kerja freelance-mu adalah menemukan platform yang sesuai.

Jika berniat menawarkan sebuah produk baik itu dalam bentuk fisik maupun digital, kamu bisa coba menawarkannya di https://www.etsy.com/.

Platform satu ini cukup mengakomodasi kebutuhan kita yang ingin memasarkan produk dalam bentuk fisik maupun digital dan kita bisa menentukan harga dari masing-masing produk kita sendiri.

Tapi jika kamu berniat menawarkan jasa, saya rekomendasikan untuk menggunakan https://www.fiverr.com/.

Saya sudah bergabung di platform ini sejak pertengahan tahun lalu, dan sudah merasakan hasilnya. Fiverr sudah memiliki banyak user baik itu sebagai pembeli maupun penjual, dan itu adalah salah satu peluang bagi kita untuk membuat orang tertarik denga jasa yang kita tawarkan.

Link artikel :
https://www.masbobz.com/2019/07/dapat-uang-tambahan-dari-kerja-sampingan-di-fiverr.html


5. Pembuatan Kesepakatan Kerja

Pembuatan Kesepakatan Kerja, masbobz.com
Pembuatan Kesepakatan Kerja - masbobz.com (sumber dari unsplash.com)

Meskipun kita tidak terikat secara formal dengan klien yang memberikan kita pekerjaan, jangan sepelekan tentang kesepakatan kerja antara kedua belah pihak yang nantinya akan memudahkan selama proses kerjasama berlangsung.

Kesepakatan kerja yang saya maksud disini adalah seperti jam komunikasi yang disepakati jika ada perbedaan waktu antara kedua belah pihak, berapa banyaknya revisi yang akan dilakukan, dan masih banyak lagi sesuai dengan kondisi yang ada.

Link artikel :
https://www.masbobz.com/2019/08/freelance-juga-butuh-kesepakatan-kerja.html


6. Jaga Sikap

Jaga Sikap, masbobz.com
Jaga Sikap - masbobz.com (sumber dari unsplash.com)

Menjaga sikap yang baik adalah investasi gratis yang dampaknya akan sangat luar biasa di kemudian hari. Tetaplah bersikap sopan kepada setiap calon klien, baik itu yang tidak jadi maupun yang jadi menggunakan jasa kita.

Ini akan memberikan image baik kepada diri kita sendiri, dan bukan tidak mungkin, klien yang sudah menggunakan jasa kita bisa kembali lagi dan menjadi pelanggan setia. Karena dalam sebuah kerjasama, bukan hanya hasil pekerjaan yang terpenting, tapi juga proses kita bekerja dan berkomunikasi dengan klien.

Link artikel :
https://www.masbobz.com/2019/08/tetap-profesional-menghadapi-beragam-hal.html


● ● ●


Setelah membaca tips-tips di atas, saya berharap teman-teman yang membaca tulisan saya ini bisa mulai mempersiapkan jasa/produk freelance nya dengan lebih baik. Karena persiapan yang baik tidak akan mengkhianati hasil dari pekerjaan kita.

Di beberapa tulisan berikutnya saya akan coba uraikan lebih lanjut 6 poin penting yang saya sebutkan di atas. 

Selamat berjuang 👊

Comments

  1. Mantap gan jangan lupa mampir http://quentekno.xyz

    ReplyDelete
  2. Mantap sayang Buat tambahan uang belanja.

    Kunjungi balik ya gan
    https://www.cfdpahlawanmadiun.com/2019/07/cara-membuat-bakso-sapi-yang-kress.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, lumayan buat tambah2 urusan dapur.

      Delete
  3. Kayaknya enak jadi freelance😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada enaknya, ada juga ngga enaknya gan. Nanti kalau sudah coba, bakal ketemu sendiri jawabannya :-D

      Delete
  4. Seep makasih tips info nya boss.. Mantep


    Sebuah kisah menarik
    Baca Kisah Hikmah Hutang Yang Lunas Dengan Bersholawat Semoga bisa Memotivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, semoga bermanfaat info yg saya bagikan ya

      Delete

Post a Comment