Dapat Uang Tambahan dari Kerja Sampingan di Fiverr

Dapat Uang Tambahan dari Kerja Sampingan di Fiverr, uang tambahan dari fiverr, kerja sampingan di fiverr, pemasukan tambahan, gaji tambahan, peluang kerja sampingan di fiverr, masbobz, masbobz.com
masbobz.com | Dapat Uang Tambahan dari Kerja Sampingan di Fiverr


Suatu hari saat jam istirahat makan siang di kantor, saya diajak ngobrol dengan salah satu rekan di meja kerja saya. Obrolan saat itu adalah lanjutan dari obrolan-obrolan sebelumnya soal cara mendapatkan penghasilan tambahan sesuai skill yang dimiliki.

Karena beberapa kali mengerjakan proyek sampingan bareng, dan melihat ada skill yang saya punya untuk bisa jadi peluang, di obrolan siang itu si rekan memperkenalkan saya dengan sebuah platform freelance bernama : Fiverr

Dia menjelaskan bahwa di Fiverr kita bisa menawarkan jasa freelance dalam bentuk gig sesuai dengan skill yang dimiliki, dan tidak perlu repot mencari klien. Kenapa tidak perlu repot? Karena Fiverr adalah sebuah platform yang bisa digunakan baik sebagai freelancer (orang yang menawarkan jasa) maupun klien (orang yang menggunakan jasa), dan setiap harinya akan ada begitu banyak klien dengan berbagai kebutuhannya mencari freelancer yang bisa mengerjakan kebutuhannya.

Jika saya ibaratkan, Fiverr adalah semacam pasar yang memiliki begitu banyak kios yang dikelola oleh si freelancer untuk menawarkan barang dagangan (gig) kepada para klien.

Tentunya, karena seperti pasar, tiap kios akan memiliki biaya sewa yang harus dibayarkan oleh si penyewa (dalam hal ini kita sebagai freelancer). Di Fiverr, biaya ini otomatis diberikan pada setiap transaksi jual beli sebesar 20%. Contoh, ketika saya deal dengan klien untuk mengerjakan proyek pembuatan logo, maka di akhir proyek, honor yang saya terima akan otomatis terpotong dengan persentase 20% dari total honor.

Cukup besarkah potongannya? Relatif.

Kenapa saya bilang relatif? Karena ada banyak hal disediakan oleh Fiverr yang menurut saya sangat membantu proses kerja freelance, di antaranya:


  1. Tidak cemas mengurus pembayaran
    Rasa cemas dan repot sering sekali membayangi para freelancer. Apalagi yang mengerjakannya secara remote atau jarak jauh. Rasa cemas karena sudah berhari-hari honor tidak kunjung cair, padahal pekerjaan sudah selesai. Mau bertanya kapan honor akan cair kepada klien tapi khawatir dianggap tidak sopan. Dan sebagainya, dan sebagainya.

    Di Fiverr, kita bisa dengan mudah memantau status pencairan honor yg akan kita terima dari proyek yang sudah diselesaikan, langsung dari halaman profil kita. Hal yang sangat membantu karena dengan lebih tenang mengenai waktu pembayaran, kita bisa lebih fokus untuk bekerja dan memberikan hasil yang terbaik.

  2. Pembayaran satu pintu
    Kondisi yang beberapa kali terjadi dalam sebuah deal proyek adalah, saat klien hanya memiliki satu rekening bank, sementara freelancer memiliki rekening bank yang berbeda. Hal ini mungkin tidak jadi masalah kalau klien bersedia membayar biaya admin untuk transfer antar bank, atau klien bersedia honornya dipotong biaya admin. Masalahnya jika hal itu tidak terjadi, ada kemungkinan salah satu pihak akhirnya harus membuat rekening bank baru untuk mengakomodasi pembayaran tersebut.

    Di Fiverr, pembayaran dilakukan lewat satu pintu. Ketika sebuah proyek dimulai, klien mengirim uang honor kepada Fiverr (salah satu caranya melalui Paypal), dan selanjutnya Fiverr akan mengirim uang tersebut ke rekening fiverr kita saat proyek tersebut selesai.

  3. Traffic pengguna yang ramai
    Jaminan traffic (lalu lintas) pengguna yang ramai untuk mencari para freelancer yang siap mengerjakan proyek sudah pasti didapatkan. Per Juni 2019, ada kurang lebih 5.5 juta pengguna yang aktif menggunakan Fiverr  sebagai klien dan siap bekerja sama dengan para freelancer. Angka yang cukup menjanjikan peluang menarik.

    Statistik lainnya mengenai Fiverr bisa dibaca di sini:
    https://expandedramblings.com/index.php/fiverr-facts-statistics/

  4. Project Tracker
    Fitur ini memudahkan baik dari sisi klien maupun freelancer untuk memantau progress dari pengerjaan proyek yang mereka sepakati. Akan ditampilkan sebuah timer yang menunjukkan waktu tersisa untuk menyelesaikan proyek, dan jika sudah mendekati deadline waktu pengerjaan, secara otomatis kita akan mendapatkan notifikasi lewat email dan aplikasi jika ter-install di smartphone.

    Selain itu jika diperlukan revisi, maka history dari revisi tersebut akan tercatat di fitur ini juga, bersama dengan catatan menyeluruh dari proyek tersebut, seperti waktu mulai, waktu selesai, biaya, dan output yang akan dihasilkan.


●●●

Masuk akal bukan kenapa saya bilang bahwa biaya potongan per transaksi di Fiverr itu jumlahnya relatif, tidak besar dan tidak kecil juga. Karena ada kemudahan yang kita dapat sebagai imbalannya.

Setelah mengetahui apa yang bisa ditawarkan oleh Fiverr, saatnya membahas apa yang bisa kita tawarkan didalamnya dan bagaimana persiapannya.

●●●

Fiverr sangat cocok bagi kita yang memiliki skill dengan output sebuah produk digital. Misalnya sebuah gambar ilustrasi, aransemen musik, video promosi, slide presentasi, website, desain aplikasi android, dan sebagainya. Memiliki salah satu keahlian di beberapa produk yang saya sebutkan tadi adalah modal untuk bisa bermain di Fiverr dan menawarkannya dalam bentuk gig.

Dan sudah sewajarnya sebelum mulai menawarkan sebuah produk/jasa, wajib bagi kita untuk mengetahui apa yang akan kita hadapi di lapangan nanti dan diikuti dengan mempersiapkan segala sesuatunya. Ada beberapa tips yang bisa saya berikan setelah mencoba bermain di Fiverr dan cukup menghasilkan didalamnya:


  1. Sabar
    Semua orang punya jatah dan waktunya masing-masing. Jangan mengeluh ketika dalam satu minggu, satu bulan, tiga bulan, kamu masih belum mendapatkan klien yang tertarik dengan gig yang kamu tawarkan. Saya baru "pecah telor" mendapatkan klien pertama setelah kurang lebih tiga bulan membuat akun Fiverr. Waktu yang tidak sebentar tentunya.

    Ada baiknya untuk mengantisipasi hal tersebut, kita tetap memiliki pekerjaan yang bisa memberikan pemasukan pasti tiap bulan. Sehingga di awal ketika memulai kerja freelance di Fiverr dan belum memiliki pemasukan yang signifikan, kita tidak cepat melempar handuk dan dapur tetap bisa ngebul.

  2. Bisa bahasa Inggris
    Jangkauan pengguna Fiverr mencapai hampir semua negara. Sangat besar kemungkinan klien yang akan mengajak bekerja sama berasal dari negara-negara di benua Eropa dan Amerika yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari, apalagi dalam urusan bisnis.

    Tidak harus bisa berbicara, cukup bisa berkomunikasi lewat teks sudah cukup untuk permulaan. Karena penawaran kerja sama dari klien pasti akan diawali terlebih dahulu di private message. Selalu sedia Google Translate juga tidak masalah untuk memudahkan komunikasi dengan klien nantinya.

    Saya bahas cara belajar bahasa inggris yang asik di sini :
    https://www.masbobz.com/2019/07/tetap-asik-sekaligus-belajar-ngobrol-inggris.html

  3. Buat thumbnail gig yang menarik
    Kamu akan bersaing dengan para pemilik gig lainnya di Fiverr yang jumlahnya sangatlah banyak. Bagaiman caranya supaya bisa mencuri perhatian dari para calon klien? Salah satu caranya adalah dengan membuat thumbnail gig yang menarik. Thumbnail gig bisa menjadi filter awal dari klien untuk menentukan langkah selanjutnya, apakah akan membuka dan mengirimkan pesan tertarik kepada gig yang kita tawarkan atau tidak.

    Coba buat thumbnail yang berfokus pada hasil akhir produk dari jasa yang kamu tawarkan, dan hindari thumbnail yang terlalu ramai dan berisi banyak pernak pernik disana-sini.

  4. Buat kesepakatan kerja
    Kesepakatan kerja yang saya maksud adalah seperti harga dari proyek yang akan dikerjakan, berapa lama waktu pengerjaan, banyaknya revisi, dan hal lainnya yang berhubungan dengan teknis pekerjaan. Saya akan bahas ini lebih lanjut di artikel selanjutnya.


●●●

Fiverr cuma salah satu dari sekian banyak platform freelance yang ada. Kebetulan saya bermain di Fiverr jadi bisa berbagi pengalaman yang saya miliki di sana. Kalau rekan-rekan sekalian punya rekomendasi platform freelance lainnya untuk mendulang pundi-pundi uang, jangan sungkan untuk membagikan ceritamu juga ya 👏


Artikel ini adalah salah satu bagian dari tulisan serial saya mengenai "Hal yang Diperlukan untuk Kerja Freelance"


masbobz.com, kerja freelance, yang diperlukan untuk freelance

Comments