Transfer Paypal ke Jenius, Tidak Repot Diurus

Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Transfer Paypal ke Jenius, Tidak Repot Diurus - masbobz.com

Sudah percaya diri dengan kemampuan yang kita punya untuk kerja freelance. Sudah juga berhasil dapat klien langganan yang tertib ketika jatah transfer proyekan datang. Transferannya dolar pula yang kita simpan di Paypal.

Kalau sudah lancar semuanya seperti itu, sebagai bumbu penyedap atas pencapaian kerja freelance yang kita lakukan, adalah dengan mencairkan saldo Paypal ke rekening bank lokal. Apalagi pencairannya ke rekening Jenius, yang memang sudah didesain untuk bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan transaksi digital, termasuk penarikan uang dari Paypal.

Belum lama ini, saya coba withdraw atau tarik uang dolar yang saya punya di Paypal ke rekening Jenius, hasil dari proyek freelance dengan klien yang saya dapat lewat Fiverr atau kontak email.

Prosesnya jauh sekali dari kata sulit, alias gampang. Hanya beberapa klik tombol yang diperlukan, saya tunggu beberapa hari sambil menjalankan aktivitas normal, dan uang transferan dari Paypal ke rekening Jenius sukses saya dapatkan.

Langsung saja dibaca tutorial transfer uang dari Paypal ke Jenius berikut ini ya untuk kamu yang masih ragu melakukannya:


1. Login ke Dashboard Paypal

Login ke Dashboard Paypal, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Login ke Dashboard Paypal - masbobz.com

Pertama, tentu perlu login dulu ke akun Paypal, dan masuk ke halaman Dashboard/Summary. Setelahnya, klik menu "Withdraw funds" untuk memulai proses penarikan uang.


2. Pilih Rekening Asal dan Tujuan

Pilih Rekening Asal dan Tujuan, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Pilih Rekening Asal dan Tujuan - masbobz.com

Selanjutnya akan muncul form yang meminta kita untuk memilih rekening asal/from (Paypal), dan rekening tujuan/to (Jenius).

Khusus untuk rekening tujuan, karena saya mendaftarkan rekening BTPN Jenius dan juga e-Card, maka akan muncul dua pilihan pada form rekening tujuan seperti di bawah ini.

Pilihan rekening tujuan Jenius (Rekening utama & e-Card VISA), Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Pilihan rekening tujuan Jenius (Rekening utama & e-Card VISA) - masbobz.com

Karena punya biaya admin yang lebih rendah, dan waktu pengiriman uang yang lebih cepat, secara logis saya lebih memilih rekening utama (BTPN Checking) sebagai rekening tujuan.


3. Isi Nominal Transfer

Isi Nominal Transfer, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Isi Nominal Transfer - masbobz.com

Selesai memilih rekening asal dan tujuan, selanjutnya isi nominal uang yang akan dikirimkan. Dan kalau sudah, klik tombol "Continue" untuk masuk ke halaman konfirmasi.


4. Konfirmasi Transfer

Konfirmasi Transfer, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Konfirmasi Transfer - masbobz.com

Cek semua data yang ditampilkan pada halaman konfirmasi ini. Apakah data rekening asal dan tujuan sudah sesuai? Apakah nominal uang yang akan dikirimkan juga sudah sesuai?

Di halaman konfirmasi juga ditampilkan perkiraan berapa lama waktu pengiriman sampai uang bisa diterima di rekening Jenius. Dan ada yang cukup membuat bahagia karena tidak ada biaya admin, jadi uang yang diterima bisa utuh. 

Cukup aneh, karena sebelumnya saya kena biaya admin sekitar 16 ribu rupiah. Mungkin karena nominal penarikan kali ini lebih besar jadi biaya admin tidak diberikan. Mungkin saja.

Kalau semua data sudah sesuai, langsung klik tombol "Transfer" untuk menyelesaikan proses transfer saldo Paypal ke rekening Jenius.


5. Transfer Sedang Diproses

Transfer Sedang Diproses, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Transfer Sedang Diproses - masbobz.com

Nah kalau sudah klik tombol "Transfer" di tahap sebelumnya, akan muncul halaman yang memberitahukan kalau proses transfer sukses. Selanjutnya akan dikirimkan email pemberitahuan kalau saat ini Paypal sedang mengirimkan uang ke rekening BTPN Jenius.

Email pemberitahuan proses pengiriman uang dari Paypal, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Email pemberitahuan proses pengiriman uang dari Paypal - masbobz.com

Kalau sudah menerima email tersebut, selanjutnya tinggal menunggu sampai uang masuk di rekening.


6. Cek Saldo Paypal dan Daftar Transaksi

Cek Saldo Paypal dan Daftar Transaksi, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Cek Saldo Paypal dan Daftar Transaksi - masbobz.com

Untuk memastikan, jangan lupa cek lagi saldo Paypal (Balance) dan daftar transaksi terakhir (Recent activity) setelah melakukan transfer. Kalau saldo sudah berkurang, dan data transfer terakhir sudah muncul, maka semua berjalan lancar.


7. Sukses, Uang Masuk ke Rekening Jenius

Sukses, Uang Masuk ke Rekening Jenius, Transfer Paypal ke Jenius, masbobz.com, transfer dari paypal ke jenius, transfer uang dari paypal ke jenius, cara transfer paypal ke jenius
Sukses, Uang Masuk ke Rekening Jenius - masbobz.com

Sesuai perkiraan, setelah 2-4 hari akhirnya uang yang di-transfer dari Paypal berhasil masuk ke rekening Jenius. Untuk memastikannya cukup cek saja layar dashboard dari aplikasi Jenius, lalu scroll ke bawah, bagian "In & Out". 

Kalau ada transaksi uang masuk dengan keterangan seperti pada gambar di atas (kotak merah), berarti uang sukses kita terima. Cek juga total saldo terkini dari rekening Jenius yang kita punya, kalau sudah bertambah, proses penarikan uang dari Paypal ke Jenius selesai sudah.


●●●

Penutup
Jauh sekali dari kata rumit kan proses penarikan atau transfer saldo Paypal ke rekening Jenius?

Mudah-mudahan tutorial singkat transfer dari Paypal ke Jenius dari saya ini bisa membantu teman-teman sekalian yang sedang menjalankan usahanya, untuk menikmati hasil jerih payahnya.

⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼



Comments

  1. Selamat pagi masbobz.
    Apa mungkin dana yang kita tarik dari paypal ke rekening jenius cair di hari yang sama saat kita melakukan pengajuan penarikan ?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi Sutan.

      Sejauh ini, rekor tercepat saya bisa terima dana dari paypal ke jenius dalam waktu 1 hari. Kebetulan belum pernah mengalami dana bisa langsung masuk ke rekening jenius kita di hari yang sama.

      Delete
  2. Kalau sebaliknya untuk top up paypal bisa juga kan dari Jenius ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa juga. Karena waktu aktivasi paypal pakai jenius, saya isi saldo paypal dulu lewat jenius dan bisa

      Delete
  3. masbobz, apakah ini berlaku juga untuk jenius yang blm verified? saya punya jenius tapi verifikasi blm disetujui oleh jenius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bayusamudra. Untuk amannya sih sebaiknya nunggu diverifikasi sama jenius aja. Karena yang saya tulis di artikel ini akun saya dalam kondisi ter-verifikasi.

      Delete
    2. Halo masbobz mau nanya, pas kita udah berhasil menghubungkan akun jenius kan udah Status: Confirmed Type: Checking. Kan ada tu di nomor yang ****-digit terakhir, digit terakhirnya memang digit kartu m-Card nya ya mas? Bukan digit rek.jenius yg muncul? Mohon pencerahannya mas ! Terimakasih

      Delete
    3. Halo, ini sepengalaman saya ya. Digit terakhir itu tergantung kartu jenius apa yang kita hubungkan ke paypal. Kalau yg dihubungkan adalah e-card, ya harusnya digit terakhir itu adalah digit terakhir e-card jenius kita. Kalau saya pake e-card untuk dihubungkan ke jenius.

      Tinggal dicocokkan aja dengan informasi nomor/digit-nya dengan yang ada di aplikasi jenius kita supaya lebih yakin.

      Semoga menjawab ya

      Delete
    4. Oh berarti karena saya menghubung kan rekening jenius saya ke Paypal jadinya digit akhirnya yg muncul itu m-card debit saya ya mas, karena rekening jenius terhubung ke m-card ?

      Delete
    5. Saya mungkin waktu daftar mungkin milih Business account bukan personal account. Jadi setiap mau nerima uang pasti kena hold dan harus minta yang ngirim untuk confirm purchase atau Shipping gitu. Kalau saya ganti tipe akun saya ke personal apakah saldo nya akan hilang mas ?

      Delete
    6. kira-kira seperti itu gan, karena default-nya akun jenius itu kita akan punya m-card. Kalo e-card itu opsional, kita bisa buat bisa juga tidak.

      kalau soal ganti dari business ke personal akan mempengaruhi saldo atau tidak, saat ini saya belum tahu gan karena belum pernah nyoba juga. mungkin akan lebih baik kalau ditanyakan langsung ke customer service dari pihak paypal.

      Delete
    7. Oke dah gan terimakasih atas penjelasannya. 🙏🏻

      Delete
    8. Conversion rates nya memang kecil ya gan dari Paypal nya. Jadi merasa rugi kalau mau tarik saldo

      Delete
    9. Betul gan, memang lebih kecil conversion rates nya. Biasanya pada dijual gitu saldo paypal nya, dibeli pake rupiah sesuai nilai tukar.

      Delete
  4. Tolong dong bang penjelasan nya, saya udah liat di Paypal Transfer to Bank completed (Bank BTPN). Transfernya udah selesai kok ga ada masuk ya bang uangnya?? Jadi khawatir saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal saya udah hubungkan Rekening Jenius BTPN ke Paypal dan udah status confirmed, type checking

      Delete
    2. Halo Salman. Untuk proses transfer dari paypal sampai bisa masuk ke saldo jenius, memang perlu waktu beberapa hari sesuai keterangan di Paypal untuk tiap pilihan rekening yang dituju.

      Selain cek status di paypal, coba cek juga daftar transaksi di aplikasi jenius. Uang akan masuk ke saldo yang dipilih saat transfer di paypal. Kalau pilih rekening bank, uang akan masuk ke saldo utama/aktif. Kalau pilih e-card, maka uang akan masuk ke saldo e-card.

      Kalau sekiranya uang masih belum masuk ke saldo jenius yang dituju padahal sudah melewati batas waktu, coba hubungi langsung customer service Jenius supaya bisa segera diurus.

      Semoga menjawab ya.

      Delete

Post a Comment