Membuat Blog sebagai Personal Branding

Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com
Source: unsplash.com


Jika sekarang saya menanyakan lagi pada diri sendiri apa tujuan punya blog, jawabannya tidak akan jauh berbeda dari niat awal. Yaitu untuk berbagi hal-hal yang kepikiran di benak saya, membagikan pengalaman dan hal-hal yang saya ketahui, saya kemas itu semua dalam bentuk tulisan dengan harapan siapa tahu yang membaca bisa mendapatkan manfaat.

Jika mau lebih detil lagi, hal-hal yang saya pikirkan dan pengalaman yang saya alami adalah seputar self-improvement, design, dan juga freelance. Hal-hal yang memang dekat dan saya alami sendiri.

Soal teknik penulisan, saya jujur tidak terlalu ambil pusing. Karena semakin saya baca apa yang sudah ditulis, semakin saya ingin merevisi sana sini yang akhirnya membuat minder untuk bisa merilis tulisan.

Saya cuma melakukan editing sederhana seperti pengecekan typo, tebal tipis teks, dan sebagainya. Saya coba biarkan apa yang saya pikirkan tertulis begitu saja, seasli mungkin.

●●●

Setahun terakhir membangun blog ini, saya juga berusaha untuk membentuk personal branding saya sendiri. Personal branding adalah, menurut sepemahaman saya, bagaimana diri kita dikenal oleh banyak orang melalui apa yang kita kerjakan, lakukan, dan gunakan.

Contoh sederhana: Giring Nidji adalah vokalis yang terkenal karena dia 'mengemas' dirinya melalui personal branding yang unik dengan gerakan tangannya saat konser. Ciri khas itu sudah melekat pada Giring Nidji, sampai-sampai kalau ada orang lain yang melakukannya, kita akan menganggap orang itu menirukan Giring Nidji.

Nah, personal branding yang saya coba bentuk adalah 'masbobz' merupakan saya beserta semua hal yang saya kerjakan, pengalaman dan pemikiran yang saya punya. Dan dengan menggabungkannya bersama teknik penulisan yang saya pilih, semoga branding yang sedang saya bangun bisa memiliki nilai unik.

Harusnya begitu, karena pengalaman dan pemikiran seseorang tidak ada yang sama persis dengan orang yang lain.


●●●


Di tulisan kali ini, saya juga ingin memberikan manfaat lain. Yaitu mencoba membantu kamu yang berencana untuk membangun personal branding lewat blog. Sederhananya, untuk membuat blog, hal-hal berikut ini yang harus kamu persiapkan:

  1. Topik Blog
  2. CMS
  3. Hosting
  4. Domain
  5. Tampilan Blog
  6. Jangan Baper

Mari kita pelajari satu per satu.



1. Topik Blog

Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com, menentukan topik blog
Source: unsplash.com

Cara pertama membuat blog adalah memilih topik blog dengan benar yang sesuai minat dan kemampuan, ibarat memilih persenjataan yang tepat untuk dipakai di medan perang. Jangan sekedar ikut-ikutan tren, karena tren pasti akan berganti. Pilih topik yang terdekat dengan kita, karena itulah yang membuat kita unik dan sekaligus bisa menjadi personal branding kita.

Usahakan juga topik yang dipilih bisa dikembangkan dengan luas nantinya. Karena dengan topik yang bisa dikembangkan, maka blog pun bisa terus hidup dengan diisi konten-konten baru.

Contohnya adalah topik di blog saya. Self-improvement, design, dan freelance adalah topik yang dekat dengan saya dan bisa dikembangkan, karena pengalaman yang saya dapat dari tiap topik tersebut akan berbeda dari pengalaman yang didapatkan orang lain, walaupun dengan topik yang sama.

Pilih topik yang kita minati dan kuasai adalah kunci. Selanjutnya, pilih CMS.


2. CMS
CMS atau Conten Management System adalah tempat kita akan membuat blog beserta tampilan dan kontennya. Ada dua CMS yang jadi andalan saat ini.


Blogger


Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com, blogger
Source: logoeps.com


Cara membuat blog di blogspot cukup sederhana, dan kita bahkan bisa membuat blog di blogspot GRATIS. Berikut keunggulan dan kelemahan dari blogspot berdasarkan pengalaman saya.

Keunggulan:
  • Mudah untuk dipasangi Google Adsense karena merupakan salah satu produk Google. Ini tentu opsional bagi kamu yang berniat memasang iklan dan mendapatkan penghasilan dari blog kamu

  • Disediakan hosting gratis tanpa batasan kapasitas penyimpanan untuk menyimpan konten dan file (gambar, video) di blog


Kelemahan:
  • Template atau pilihan tampilan blog tidak terlalu banyak. Perlu mencari secara mandiri tampilan blog yang oke di beberapa situs penyedia template blogger

  • Fitur belum terlalu banyak, jadi perlu melakukan kustomisasi sendiri di blog untuk fitur-fitur tertentu. Contoh: Tombol share artikel ke media sosial. Kita perlu cari plugin-nya secara mandiri lewat Google dan memasangnya di blog

  • Disediakan domain gratis, tapi dengan imbuhan subdomain .blogspot.com


URL:



Wordpress
Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com, wordpress
Source: logoeps.com


Ada dua pilihan cara membuat blog di Wordpress, bisa buat blog wordpres secara gratis dan bisa juga buat blog wordpress secara berbayar. Platform wordpress punya dua versi. Wordpress.com khusus untuk kebutuhan membuat blog seperti di blogger, dan ada wordpress.org yang merupakan open source alias bisa digunakan gratis.

Beda keduanya ada di bagian pemasangan. Jika wordpress.com kita hanya perlu mendaftarkan akun saja sudah bisa membuat blog beserta kontennya, kalau di wordpress.org kita perlu membeli hosting dan domain terlebih dahulu baru bisa kita install wordpress di hosting dan domain yang sudah dibeli.

Untuk keunggulan dan kelemahan keduanya relatif sama.

Keunggulan:
  • Disediakan banyak pilihan template. Jadi tidak perlu repot memikirkan urusan tampilan blog, karena menggunakan template yang tersedia pun sudah bisa punya blog dengan tampilan yang oke punya

  • Fitur asli sudah cukup lengkap, dan kalau masih kurang disediakan plugin yang bisa di-install sesuai kebutuhan. Contohnya fitur seperti share artikel ke media sosial, membatasi tampilan konten di tiap halaman blog menggunakan pagination, dan masih banyak lagi

  • Komunitas pengguna dengan jumlah besar. Dengan komunitas berjumlah besar, jika kita punya kendala dalam menggunakan Wordpress, maka ketika kita coba cari solusinya lewat Google akan lebih mudah didapatkan


Kelemahan:
  • Pemasangan Google Adsense tidak semudah di blogger.com. Tapi kalau fokus kamu bukan untuk mencari pendapatan dari iklan di blog, harusnya kendala ini tidak jadi masalah

  • Hosting gratis tapi hanya dengan kapasitas 3GB untuk wordpress.com. Selengkapnya klik di sini

  • Hosting berbayar dengan kapasitas yang kita tentukan dan beli sendiri secara terpisah untuk wordpress.org

  • Domain gratis dengan imbuhan subdomain .wordpress.com untuk platform wordpress.com, dan 

  • Domain berbayar yang kita tentukan dan beli sendiri secara terpisah untuk wordpress.org


URL:


Coba pertimbangkan dulu aspek keunggulan dan kelemahan dari blogger dan wordpress, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Kalau sudah menentukan pilihan mau menggunakan blogger atau wordpress, silahkan buat akun di CMS pilihanmu menggunakan URL yang saya tuliskan di atas.

Selanjutnya kita bahas soal hosting.


3. Hosting

Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com, memilih paket hosting
Source: unsplash.com


Jika diibaratkan, hosting adalah sebuah harddisk di komputer yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Untuk membuat blog atau website, diperlukan juga harddisik yang bisa digunakan untuk menyimpan konten dan file yang ada di blog. Dan untuk bisa menggunakan hosting, diperlukan biaya langganan bulanan atau tahunan untuk bisa menyewanya ke penyedia layanan hosting.

Untuk kamu yang memilih menggunakan wordpress.org sebagai pilihan CMS, maka membeli paket hosting adalah wajib hukumnya.

Ada banyak penyedia layanan hosting di Indonesia, dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Kalau saya merekemondasikan untuk menggunakan Niagahoster. Beberapa kali saya mendapatkan proyek freelance untuk membuat landing page atau website, sampai website pribadi, saya selalu memilih Niagahoster untuk keperluan penyediaan hosting website.

Dan dari sekian banyak pengalaman itu, tidak ada satu pun yang mengecewakan.

Bisnis penyediaan layanan hosting seperti ini pasti akan banyak berurusan dengan pertanyaan-pertanyaan pelanggan. Dan sejauh ini saya selalu puas dengan pelayanan juga jawaban yang mereka berikan untuk setiap pertanyaan yang saya ajukan dari paket hosting yang saya beli.

Hampir semua proyek pembuatan website yang saya kerjakan menggunakan wordpress.org sebagai CMS. Beruntungnya, di paket hosting Niagahoster sudah disediakan juga fitur pemasangan wordpress.org.

Kalau masih bingung dalam proses pemasangannya, tanyakan saja langsung pada customer service Niagahoster lewat aplikasi chat di halaman dashboard hosting yang sudah dibeli. Jangan khawatir.

Cara daftar hosting di Niagahoster pun cukup mudah, kamu tinggal kunjungi link berikut https://panel.niagahoster.co.id/ref/183184 atau klik banner di bawah. 

Selanjutnya pilih paket hosting yang sesuai kebutuhanmu, daftar akun di Niagahoster untuk bisa melacak status pembayaran, dan selanjutnya lakukan pembayaran. Biasanya tidak sampai sehari setelah proses pembayaran selesai, paket hosting kita sudah aktif dan bisa digunakan.


Hosting Unlimited Indonesia


Untuk makin mempererat hubungan kamu dengan Niagahoster, nanti pas sebelum checkout paket hosting yang kamu beli, masukkan kode ini untuk dapat tambahan diskon 5% :

mashoster

Setelah beres dengan urusan pilih-pilih paket hosting, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan domain blog.


4. Domain

Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com, menentukan domain blog
Source: unsplash.com


Saya gunakan pengibaratan lagi. Jika hosting adalah harddisk tempat menyimpan file dan konten blog, maka domain adalah folder yang digunakan untuk mengelompokkan dan menyimpan konten beserta file di blog kita. Dan folder tentunya punya nama. Nama folder inilah yang nanti akan menjadi alamat blog atau website kita.

Untuk bisa mendapatkan domain yang unik tanpa embel-embel subdomain di belakang sebagai alamat blog, tentu diperlukan biaya langganan bulanan atau tahunan untuk bisa terus menggunakan domain tersebut ke penyedia layanan domain.

Pembelian domain biasanya sepaket dengan pembelian hosting, karena jika membelinya sepaket harganya bisa jadi lebih murah.

Masih nyambung dengan poin ketiga, urusan pembelian domain pun saya percayakan ke Niagahoster. Tentu dengan alasan kualitas layanannya dan pelayanan customer service-nya yang baik, jadi saya tidak perlu bingung jika punya pertanyaan tentang paket domain yang saya beli.

Cara daftar domain di Niagahoster bisa dilakukan dengan cara klik link berikut https://www.niagahoster.co.id/domain-murah

Tuliskan nama domain yang kamu inginkan dan biarkan sistem melakukan pengecekan apakah domain yang kamu inginkan masih tersedia dan bisa digunakan. Jika masih tersedia, lanjutkan sampai ke proses pembayaran dan buat akun di Niagahoster untuk melacak status pembayaran.

Biasanya, kurang dari satu hari, domain yang kita pilih tadi sudah siap digunakan setelah selesai melakukan pembayaran.


Domain unik untuk blog sudah dapat, selanjutnya adalah menata tampilan blog.


5. Tampilan Blog

Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com, membuat tampilan blog
Source: unsplash.com


Menata tampilan blog tidak kalah penting, karena mau tidak mau tampilan adalah hal pertama yang terlihat oleh pengunjung blog. Kesan pertama bisa menentukan apakah pengunjung blog mau kembali lagi ke blog kita atau tidak.

Tampilan atau bahasa kerennya User Interface (UI) blog sebenarnya tidaklah terlalu rumit, karena memang fokusnya adalah untuk menampilkan konten berupa artikel yang diselingi dengan gambar maupun video di dalamnya. Mau Blogger maupun Wordpress yang kamu gunakan sebagai CMS, keduanya sama-sama menyediakan template UI yang siap digunakan.

Saya menyarankan, untuk kamu yang ingin fokus pada pembuatan konten tanpa perlu repot memikirkan urusan UI blog, Wordpress cocok jadi pilihanmu. Pilihan template UI yang disediakan begitu banyak sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhanmu.

Tapi kalau kamu punya pemahaman lebih tentang HTML, CSS, dan Javascript (JS), mau Wordpress atau Blogger yang kamu pilih tidak jadi masalah. Khusus untuk kamu yang memilih Blogger sebagai CMS, punya pemahaman lebih tentang HTML, CSS, JS akan sangat membantu karena pilihan template UI yang disediakan tidak terlalu banyak dan masih perlu dikustomisasi secara mandiri.

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk yang tidak mau repot tentang UI blog adalah mencari template gratis, atau membeli template premium melalui website seperti https://themeforest.net/.

Lima poin penting dalam pembuatan blog sudah kita bahas. Ada satu poin terakhir yang tidak kalah penting menurut saya.


6. Jangan Baper

Membuat Blog sebagai Personal Branding, personal branding adalah, membuat blog, membuat blog gratis, membuat blogger, membuat blog wordpress, apa itu personal branding, masbobz.com, jangan baper
Source: unsplash.com


Poin ini sepertinya cukup jarang dibahas di berbagai panduan dalam membuat blog, atau bahkan mungkin tidak pernah dibahas. Jangan baper (bawa perasaan) jadi sangat penting untuk kita yang berniat membangun personal branding lewat blog.

Personal branding yang coba kita bangun mungkin bukan selera banyak orang. Jika ini terjadi, tentu ada kemungkinan konten yang kita bagikan di blog sebagai bagian dari personal branding tidak akan mendapatkan banyak perhatian. Jangan baper.

Dengan tidak baper, kita bisa lebih fokus untuk memproduksi konten yang sesuai dengan personal branding. Tapi bukan berarti berhenti di situ saja tanpa berusaha. Kita tetap perlu usaha lebih untuk mengumumkan konten yang kita punya.

Memanfaatkan berbagai media sosial yang kita punya adalah salah satu cara terbaik. Kemas postingan media sosial yang mengumumkan konten blog kita dengan apik, untuk bisa mendapatkan hasil yang tidak kalah epic.


●●●

Penutup
Panduan yang saya buat kali ini semoga bisa memberikan gambaran, kepada kamu yang berniat membuat blog sebagai personal branding, darimana harus memulai untuk membuat blog.

Konsistensi yang akan jadi kunci, blog yang kita bangun akan mengarah kemana. Persenjataan sudah lengkap, tapi kalau tidak pernah digunakan ya tidak akan berujung kemana-mana.

Kirim pertanyaan di kolom komentar kalau dari penjelasan saya ada yang kurang jelas ya.


⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼



Comments

  1. Poin jangan baper itu menarik juga hehe, tapi memang benar sih, fokus berkarya, bukan dengerin bulat bulat semua perkataan orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sebaiknya memang begitu. Ditampung dulu aja kritik & saran dari orang2, yang penting kitanya nyaman bikin karya dan tidak merugikan orang lain.

      Delete
  2. Keren ulasannya mas, review blog saya dong mas, apa yang kurang www.buktihukum.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bagus mas, menu navigasinya udah bikin pengunjung blog gampang mengakses informasi di blog 👍

      Delete

Post a Comment