by U Telkomsel: Sinyal Oke Punya, Harga Boleh Juga

by u, by u telkomsel, by u indonesia, by u jogja, by u kartu
by U Telkomsel: Sinyal Oke Punya, Harga Boleh Juga


Sekitar tiga minggu lalu, di timeline Twitter sedang ramai dengan cuitan dari beberapa kenalan saya soal provider seluler baru di Indonesia. Nama provider ini by U. Agak susah untuk saya ucapkan di awal, tapi lama-lama terbiasa juga.

Ternyata by U ini merupakan anak perusahaan Telkomsel, yang sekilas menurut pengamatan saya, sasaran utama produk mereka adalah para anak-anak muda yang sudah menjadikan internet sebagai kebutuhan utama dalam berbagai aktivitas mereka.

Ini bisa terlihat dari gaya bahasa yang by U gunakan, dengan menggunakan gaya bahasa yang santai khas anak muda, dan juga ditampilkan berbagai macam ilustrasi menarik, dikombinasikan dengan pilihan warna yang ceria di website dan aplikasinya.

Target pasar anak muda ini memang sangat menjanjikan, karena jumlah mereka yang saat ini sudah begitu banyak dan akan terus bertambah kedepannya. Tantangan terbesarnya biasanya cuma satu: bisa tidak para provider seluler menawarkan harga yang relatif terjangkau untuk kuota yang cukup banyak tiap bulannya?

by U rupanya menjawab tantangan itu dengan menawarkan berbagai paket internet yang menarik, tergantung kemampuan kantong kita.

Salah satu pilihan paket data yang ditawarkan by.U, paket data by U, paket data by.U, kuota internet by.U
Salah satu pilihan paket data yang ditawarkan by.U


Merasa penasaran, coba-cobalah saya mendaftar di aplikasi by U yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Rasa-rasanya baru kali ini saya mendapatkan pengalaman membeli kartu SIM yang berbeda. Biasanya kan kita harus beli di konter pulsa, nah by U ini tidak bisa ditemukan di konter pulsa.

Karena proses pembelian dan aktivasi semuanya dilakukan lewat aplikasi. Untuk kartu fisik, bisa kita dapatkan setelah melakukan pendaftaran di aplikasi dengan mengambilnya secara langsung di booth resminya, atau bisa dikirimkan langsung ke alamat kita menggunakan layanan ekspedisi pengiriman.


●●●


Proses Pendaftaran
Proses pendaftarannya pun cukup mudah dilakukan karena semua instruksi sudah cukup jelas tertulis di aplikasi dan tinggal diikuti saja. Saat proses pendaftaran itu kita bisa memilih nomor dan mengisi pulsa yang akan kita gunakan nantinya, dan nomor yang tersedia menurut saya sudah masuk kriteria nomor cantik.

Beli paket data pun akan kita lakukan dalam tahap pendaftaran ini. Ada hal unik yang ditawarkan oleh by U. Selain paket data utama yang tentunya berisi kuota data sekian gigabyte untuk semua kebutuhan akses internet, kita juga bisa menambahkan, istilah mereka adalah topping, ke kuota yang kita miliki.

Topping ini adalah kuota khusus yang hanya bisa digunakan untuk mengakses website atau aplikasi tertentu, seperti facebook, instagram, spotify, dan lain-lain. Boleh juga istilah yang dipakai, rasanya seperti lagi beli makanan atau minuman yang bisa kita tambah taburan di atasnya.


Proses Pembayaran
Setelah rampung mengisi data diri, memilih kuota beserta topping, memilih berapa pulsa yang akan diisikan, dan juga nomor yang akan digunakan, selanjutnya kita akan mendapatkan total biaya yang perlu dibayar. Dan semuanya tanpa ada biaya tambahan. Jadi kalau yang dipilih adalah paket data senilai 50 ribu rupiah dengan pulsa 10 ribu rupiah, maka yang perlu dibayarkan cukup 60 ribu rupiah.

Pembayaran bisa dilakukan lewat aplikasi mobile banking dan bisa juga menggunakan saldo OVO atau GOPAY yang kita miliki.


Proses Pengiriman/Pengambilan Kartu SIM
Selesai melakukan proses pembayaran, kita bisa memilih apakah kartu SIM akan diambil sendiri atau mau dikirimkan ke alamat kita. Karena saya tidak sempat untuk mengambil sendiri, saya pilih kartunya untuk dikirimkan saja. Kurang lebih tiga hari paket yang berisi kartu SIM by U saya datang dari Jakarta.

Selanjutnya saya lakukan unboxing paket tersebut. Di dalamnya berisi kartu SIM, ejector, dan sebuah kertas yang berisi games kecil untuk menemukan kata apa yang pertama kita temukan.

Kemasan SIM Card by U Telkomsel
Kemasan Kartu SIM by U Telkomsel



Unboxing Paket SIM Card by U Telkomsel
Unboxing Paket Kartu SIM by U Telkomsel



Mini word games by U Telkomsel
Mini word games by U Telkomsel



Aktivasi Kartu SIM
Kemudian proses aktivasi kartu saya lakukan. Cukup masukkan kartu SIM ke dalam slot di smartphone kita, nyalakan paket data dari by U, dan buka aplikasinya. Semua instruksi cukup mudah diikuti.

Di tahap aktivasi ini, diperlukan KTP dan nomor KK (Kartu Keluarga) sebagai persayaratan aktivasi.

Selesai aktivasi, maka tampilan aplikasi by U akan berubah menjadi seperti ini.

Tampilan beranda aplikasi by U telkomsel setelah proses registrasi
Tampilan beranda aplikasi by U telkomsel setelah proses registrasi

●●●


Pengalaman menggunakan by U dari Jogja sampai Pantura
Saya sempat melakukan tes kekuatan sinyal yang by U miliki saat mudik ke kampung halaman beberapa minggu lalu. Saya nyalakan paket data by U dari Jogja sampai saya tiba di kampung halaman di Rembang melewati jalan pantura. Sinyal stabil sepanjang perjalanan, dan di Rembang pun saya tetap mendapatkan sinyal 4G.

Setelah dipikir-pikir oke juga by U ini. Dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan yang sudah dimiliki induk perusahaannya, Telkomsel, otomatis mereka bisa menawarkan sinyal yang stabil kepada pengguna. Apalagi mereka juga menawarkan berbagai macam paket dari mulai internet, sampai SMS dan telepon yang harganya lebih terjangkau bagi sebagian besar anak muda yang merupakan target pasarnya.

Secara keseluruahan, saya bisa memberi nilai 7.5 dari 10 untuk by U. Sisa nilai 2.5 nya biar bisa digunakan untuk terus melakukan inovasi dan pembaharuan yang lebih baik kedepannya.

⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼⎼


Comments

  1. Boleh juga ini provider By U. Saya baru dengar dan ingin mencoba. Apakah cakupannya sampai ke Aceh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk cakupan ke Aceh saya sendiri belum tahu gan. Tapi ada kenalan saya di daerah Sulawesi Utara, sinyal by U lancar dan bisa dapat 4G.

      Mungkin bisa tanya ke CS nya langsung di Twitter atau Instagram untuk infonya gan.

      Delete

Post a Comment