Hobi yang Dibayar

Fiverr, illustration, ilustrasi, desain grafis, hobi yang dibayar, hobi berbayar, graphic design, freelance



Untuk laki-laki, sepak bola rasanya adalah hal yang sangat dekat bagi kita. Entah itu membuat kita aktif untuk bermain di lapangan, atau hanya sekedar menikmatinya di layar kaca untuk menonton pertandingan dari tim favorit, maupun memainkan game sepak bola yang tersedia di berbagai device.

Saya masuk kategori penikmat sepak bola dari layar kaca dan penggemar game sepak bola (mungkin satu-satunya game yang saya suka dan kuasai). Karena saya pernah mencoba aktif untuk bermain di lapangan, dan menyadari saya sungguh tidak kompeten untuk hal ini 😄

Hobi menonton dan memainkan game sepak bola perlahan-lahan menarik saya untuk menyalurkannya ke bidang desain ilustrasi juga. Singkat cerita, saat memasuki tahun ketiga masa perkuliahan, saya sedang mendalami berbagai tools yang terdapat di aplikasi Adobe Illustrator untuk bisa membuat desain grafis yang saya ingin buat waktu itu. Pada masa itu juga, saya menemukan dan mengamati berbagai macam gaya ilustrasi pesepak bola dari para profesional di bidangnya, dan coba untuk saya modifikasi dan buat menggunakan pemahaman dasar dari tools yang sudah dipelajari di Adobe Illustrator.

Ternyata bisa !!

Karena ketagihan, saya terus menerus membuat ilustrasi dari banyak pesepak bola favorit dan saya unggah ke akun Behance dan Instagram untuk menunjukkan hasilnya. Semua itu murni saya lakukan karena didasari oleh hobi yang saya sukai. Dan sama-sama kita ketahui, jika seseorang sedang melakukan hobinya, berapa banyak waktu pun yang dia miliki, dia sulit merasakan lelah, karena kelelahan itu tergantikan dengan rasa antusias selama mengerjakannya.

Saat itu saya mendapatkan beberapa apresiasi berupa dipublikasikannya ilustrasi yang saya buat ke berbagai media online khusus untuk para penggemar sepak bola. Tidak ada komisi yang saya terima waktu itu, tapi bisa dikatakan saya bangga karena mengetahui ada yang mengapresiasi hasil karya saya.

● ● ●

Melewati waktu kurang lebih 3 tahun, setelah pertemuan saya dengan berbagai rekan, saya tertarik untuk menawarkan jasa ilustrasi pesepak bola itu ke sebuah platform untuk para freelancer yaitu Fiverr. Sejujurnya di awal ketika membuka akun Fiverr, fokus utama saya ada di jasa untuk pembuatan dan konsultasi desain website/aplikasi. Tapi saat itu, ada dorongan yang susah saya tolak, seolah-olah ada yang berbisik kepada saya "tidak perlu minder dan malu, ini momen yang bisa jadi titik balik". Dan akhirnya saya sertakan juga jasa ilustrasi tersebut, untuk nantinya jika ada klien yang tertarik bisa saya kerjakan secara profesional.

Sambil tetap melakukan pekerjaan rutin dari Senin-Jumat, saya juga beberapa kali memantau jasa yang saya tawarkan di Fiverr. Dan kesempatan itu tiba-tiba datang begitu saja. 15 Februari lalu, ada seorang calon klien yang tertarik untuk menggunakan jasa ilustrasi yang saya tawarkan. Dia memperkenalkan dirinya dengan baik, dan menunjukkan apresiasi yang baik pula pada ilustrasi yang saya tunjukkan sebagai sampel. Kami pun sepakat untuk bekerja sama dalam pembuatan ilustrasi dari 18 pemain Liga Primer Inggris, sangat kebetulan karena saya adalah penggemar Liga Primer Inggris pada umumnya, dan Manchester United pada khususnya.

Dan mengenai jumlah pesanan, itu cukup besar bagi saya, mengingat selama ini saya hanya membuat ilustrasi untuk hobi saja dan sekali membuat biasanya hanya satu atau dua ilustrasi saja.

Karena saya harus membagi waktu dengan pekerjaan rutin di hari Senin-Jumat, saya memberikan estimasi penyelesaian proyek nya selama 8 hari. Selain itu ada sedikit kekhawatiran, karena saya sudah cukup lama tidak membuat ilustrasi pesepak bola (mungkin sudah hampir 2 atau 3 tahun), sehingga saya membuat estimasi pengerjaan selama 8 hari tersebut, karena saya perlu mendapatkan feel itu kembali terlebih dahulu.

Mulailah saya mengerjakan ilustrasi pertama, ilustrasi kedua, dan sampai ilustrasi terakhir. Diluar dugaan, 5 hari ternyata cukup bagi saya untuk merampungkan total 18 ilustrasi tersebut. Saya kirimkan hasil pekerjaan tersebut kepada klien, dan feedback yang saya dapatkan sungguh menggembirakan. Tidak hanya feedback yang bagus, proyek lanjutan dari klien tersebut pun datang dalam waktu yang singkat. Dan saat tulisan ini dibuat, saya baru saja menyelesaikan proyek lanjutan tersebut.

● ● ●

Setelah pekerjaan saya pada proyek ilustrasi tersebut rampung, saya coba merenungi kesempatan yang saya dapatkan tersebut. Tiga tahun lalu saat pertama kali saya membuat ilustrasi pesepak bola (saat itu yang saya buat adalah sosok Ryan Giggs, salah satu pemain favorit sepanjang masa), saya tidak menyangka kesempatan ini akan tiba. Dan boleh saya bilang, kesempatan ini datang di waktu yang tepat, di saat saya sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan saya juga sudah belajar sedikit demi sedikit mengenai manajemen waktu dan proyek. 

Saya bersyukur, kesempatan ini datang. Kesempatan untuk membuktikan bahwa hobi jika ditekuni bisa menghasilkan bagi kita, dan bukan tidak mungkin bisa menjadi pekerjaan utama. Di sini saya sudah bercerita mengenai pengalaman saya. Saya yakin banyak sekali diluar sana yang sedang berjuang dalam menekuni hobinya di waktu luangnya. Tetaplah percaya, bahwa kesempatan itu akan datang, sambil terus mempersiapkan diri kita untuk segala hal yang kita perlukan ketika kesempatan itu datang nantinya.

Saya perlu waktu 3 tahun sampai akhirnya kesempatan tersebut menemui saya. Selama 3 tahun itu, saya belajar banyak hal yang bisa digunakan selama proses bekerja: kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, manajemen waktu & proyek, cara bernegosiasi dan berinteraksi dengan klien maupun rekan kerja. 

Mungkin hal-hal yang saya pelajari tersebut bisa dipelajari juga bagi yang sedang berjuang di jalannya masing-masing. Cara tersebut bekerja dengan baik bagi saya, mungkin bisa bekerja dengan baik juga bagi orang lain. 

Semoga sedikit cerita ini bisa menginspirasi dan tetap menjaga keyakinan semua orang diluar sana bahwa usahanya akan membuahkan hasil. Percayalah, jatuh bangun yang kita rasakan akan bersifat sementara, dan semua itu akan terganti dengan rasa bangga ketika kita berhasil melakukannya, yang akan kita ingat selamanya.

Bagikanlah cerita kalian juga ketika berhasil melakukannya 👊

Comments

  1. Memang pekerjaan yang terbaik
    Berdasarkan dari hobby masing masing
    Karena tidak merasa terpaksa dan senang menjalani nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, ketika bisa mendapatkan kesempatan itu jangan disia2kan.

      Delete
  2. Salah satu hobi yg dibayarkan adalah Ngeblog dan main bola Gan. Hehehehe

    NGEBLOG YUK!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha betul, Mas. Ngeblog yang dipasang adsense tepatnya. Terima kasih sudah mampir

      Delete
    2. Tp hobi yg dibayar mahal adalah pemain bola Gan.

      Delete
    3. Emang mantep Mas kalau pemain bola. Gaji seminggu cukup buat ngelunasi mobil

      Delete
  3. Salah satu hobi yang dibayar adalah menulis. Hanya saja ruang dan bidangnya yang bermacam-macam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang dalam usaha menjadikan hobi menulis sebagai hal yang menhasilkan juga, gan. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
    2. Ya, Pak. Bahkan blogger saat ini juga bisa menghasilkan dari artikel yang ia buat.

      Delete
    3. Untuk hal tersebut saya perlu belajar dari anda, gan :-D

      Delete
  4. Nice, begitulah freelancer, duit dari hobi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, asalkan ada niat, ada jalan untuk mencapainya. Terima kasih sudah mampir gan.

      Delete
  5. terima kasih infonya gan sangat bermanfaat

    ditunggu kunjungan balik nya www.sekadarberbagi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan. Saya berkunjung juga ke blog nya ya

      Delete
  6. nice info gan apakah ada saran lain ?
    selain AI saya gak bisa AI soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alternatif untuk aplikasi pengolah gambar berbasis vektor, selain AI adalah CorelDraw, atau Inkscape. Khusus Inkscape bisa digunakan di sistem operasi Ubuntu/Linux, gan.

      Delete
  7. Wih Kerennnnnn . Mau dong diajarin supaya hobby jadi mata pencarian....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan. Yg penting coba temukan dulu hobi dan passion nya ada dimana kira2, nanti setelahnya akan lebih gampang

      Delete
  8. Keren Banget Mas... Memang menyenangkan bisa menghasilkan dari hobi sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mas. Betul, seneng banget bisa mengerjakan sesuatu dari hobi dan menghasilkan. Ada niat ada jalan

      Delete

Post a Comment